FINANSIAL KITA - Di era milineal yang di segala lini sudah sangat canggih, sangat memungkinkan kita untuk mampu mengakses dengan sangat cepat, hemat waktu dan secara otomatis lebih praktis.
Dengan semua serba digital ini apapun dapat jadi lebih gampang dengan memakai smartphone yang kita punya. Hal ini juga masuk dalam pelayanan bank.
Memindahkan, pembayaran pulsa, pembayaran listrik. Seluruhnya dapat dijalani sendiri tanpa wajib berangkat ke bank serta lumayan dengan smartphone.
Di Indonesia sendiri telah banyak terdapat 80 bank per tahun 2018 yang telah memperkenalkan sebuah layanan digital untuk para costumernya.
Layanan digital ini pasti memiliki tujuan yang pasti, yakni bermanfaat bagi masyarakat secara umum. Terlebih bila amat padat jadwal alhasil memerlukan meluangkan durasi buat berangkat ke bank.
Layanan bank digital sendiri bersumber pada peraturan Otoritas Jasa Keunagan atau disingkat dengan OJK No 12 atau POJK 03 atau 2018 mengenai Penyelenggara Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum.
Yang mendeskripsikan digital banking selaku suatu layanan perbankan elektronik yang dibesarkan dengan memaksimalkan eksploitasi data- data pelanggan dengan tujuan buat melayani pelanggan dengan cara lebih kilat, gampang, serta cocok dengan keinginan ataupun customer experience.
Digital bank pula memungkinan dialkukannya layanan dengan cara mandiri serta seluruhnya oleh pelanggan serta pastinya dengan mencermati pada aspek keamanan dan kenyamanan.
Banyak informasi yang hendak ikut serta di dalam digital bank. Oleh sebab itu setiap eksekutor tidak dapat asal- asalan menyelenggarakan digital bank.
Ada beberapa syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi oleh penyelenggara layanan digital, yang khususnya mengenai layanan perbankan. Dan berikut ini adalah persyaratannya :
Penyelenggara harus mempunyai peringkat profil risiko dengan peringkat 1 atau peringkat
Hal tersebut berdasarkan penilaian tingkat kesehatan bank periode penilaian terakhir.
Penyelenggara harus mempunyai infrastruktur teknologi informasi dan manajemen pengelolaan infrastruktur yang memadai. Ini karena di dalam sistem nantinya memuat banyak sekali data. Tidak hanya data pribadi dari setiap nasabah tapi juga data keuangan beserta transaksinya. Sehingga harus dipastikan penyelenggara memiliki
Untuk selanjutnya, penyelenggara harus termasuk di dalam kelompok bank umum. Dan berdasarkan aktivitas usaha yang sedikitnya atau paling minim mampu melakukan kegiatan usaha layanan perbankan secara elektronik. Sebagaimana telah diatur atau di dalam ketentuan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.
Layanan Digital Yang Dimiliki Oleh Bank
Ada berbagai jenis layanan yang termasuk di dalam layanan digital bank yaitu:
Phone Banking
Di sini transaksi bank dilakukan dengan menelpon contact center dari bank. Nasabah dapat berinteraksi langsung dengan staff yang bertugas.
Dalam layanan tersebut melayani transfer dana, mutasi rekening, info saldo, dan pembayaran tagihan seperti kartu kredit, pulsa, token listrik, asuransi, hingga PLN.
Internet Banking
Nah untuk layanan ini nasabah menggunakan internet untuk melakukan transaksinya. Layanannya hampir mirip dan tak jauh berbeda, namun hanya saja ada sedikit tambahan informasi.
Misalnya info tentang update nilai tukar dan pembelian-pembelian seperti tiket pesawat, pulsa, hingga saham.
SMS Banking
Sistem kerjanya tidak jauh berbeda dengan phone banking. Para nasabah akan mengirimkan SMS ke nomor khusus milik bank atau menggunakan aplikasi mobile banking.
Yang kemudian akan menghubungkan dengan sistem layanan SMS banking.
Mobile Banking
Lanjutnya ,pada fitur di sini bank akan bekerja sama dengan operator nomor seluler kartu SIM Anda.
Untuk pendaftaran pada mobile banking sendiri akan melalui costumer service yang nantinya akan mencatat nomor ponsel yang Anda gunakan.
Maka pastikan nomor yang digunakan di smartphone telah terpasang aplikasi mobile banking, sama dengan data yang ada di bank.
Sehingga layanan akan berlaku dan dapat digunakan dengan baik dan benar.
Namun, seiring dengan berkembangnya era dan pesatnya kemajuan teknologi yang ada saat ini.
Maka fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap bank pun semakin bermacam-macam. Dan salah satunya adalah Bank Central Asia atauyang lebih famous diucapkan sebagai Bank BCA.
Nah, terdapat beberapa layanan digital yang disediakan oleh Bank BCA untuk nasabahnya seperti Sakuku, KlikBCA, BCA KlikPay, BCA Mobile, mBCA, SMS BCA, BCA by Phone, dan DUITT. Masing-masing menawarkan fitur dan kemudahan untuk nasabah.
Untuk Kemudahan Transaksi Dengan KlikBCA Gunakan Layanan Digital Terpadu
Dan KlikBCA menjadi salah satu digital banking yang menarik. Hal tersebut dikarenakan KlikBCA menawarkan dua layanan yakni KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis.
Sehingga untuk transaksi pribadi dan transaksi bisnis tidak tercampur. Sehingga nasabah juga bisa memasangnya dengan baik. Nah untuk mengakses KlikBCA harus menggunakan internet ya.
Keunggulan yang ditawarkan oleh layanan ini adalah keamanan yang memadai seperti keamanan data saat bertransaksi. Dan KeyBCA menjadi pelengkap layanan ini.
Berfungsi mengeluarkan password yang nantinya akan selalu berganti tiap kali nasabah melakukan transaksi finansialnya (password dinamis).
Kemudian dapat melakukan berbagai transaksi seperti ketika transaksi di ATM, mendapatkan kepraktisan dalam bertransaksi karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan ada sinyal internet dan cukup menggunakan ponsel pintar saja.
Untuk memudahkan dari sisi penggunaan, sebuah layar KlikBCA dirancang seperti layar pada ATM BCA sehingga sudah dan cukup bersahabat serta mudah dimengerti oleh para costumer.
Layanan selanjutnya adalah jika nasabah kehilangan kartu ATM maka nasabah bisa melakukan blokir melalui KlikBCA Individu.
Dan yang terakhir, tentunya Anda akan dengan sangat mudah melakukan transaksi seperti pembelian, commerce, transfer, informasi rekening saldo, transaksi histori dan lainnya.
Nah, yang menarik di sini, layanan KlikBCA Bisnis menawarkan pengelolaan bisnis Anda dengan baik. Bisa menjadi solusi yang praktis.
Dengan menggunakan KlikBCA bisnis transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Sedangkan untuk menjamin keamanan.
Dan KlikBCA Bisnis memberikan pengamanan dengan adanya VPN atau Virtual Private Network dan KeyBCA serta tentunya rancangan khusus user-friendly sehingga mudah untuk digunakan.
Benefit Dari Fitur KlikBCA Bisnis
Jika membicarakan mengenai fungsi dan manfaat dari fitur KlikBCA Bisnis ini, tentu ada banyak keuntungan yang akan diberikan oleh KlikBCA Bisnis.
Dan berikut ini merupakan keuntungan yang dapat diperoleh dari fitur tersebut:
1. Transfer Dana
Tentunya ada layanan transfer dana yang terdiri dari layanan ke BCA Virtual Account, transfer antar rekening BCA, kiriman Valas ke rekening bank lain atau outward remittance, dan transfer ke rekening bank lain dalam negeri atau LLG/RTGS.
2. Informasi Rekening
Dalam keuntungan ini memungkinan nasabah untuk mengetahui segala informasi finansial seperti informasi saldo, mutasi rekening, mutasi rekening bulk, e-statement.
Dan laporan portofolio nasabah, rekening koran, laporan kartu kredit, laporan debit BCA, tagihan kartu kredit BCA, transaksi kartu kredit, laporan MT940, dan laporan pembayaran.
3. Pembayaran Tagihan
Layanan ini memungkinkan untuk melakukan pembayaran tagihan seperti telepon (Telkom/Speedy dan Starone/Iphone), Ponsel (SmartFren, Matrix, Telkomsel, XL Pasca Bayar).
Lalu kartu kredit (BCA citibank Visa atau Mastercard, Standard Chartered dan lain-lain), internet (Indosat-M2, Centrin online, Indonet, dan CBN), Pajak dan PNBP (PBB, Penerimaan negara, dan Pajak daerah lainnya).
Bisa untuk tagihan PAM (Aetra Air Jakarta, Palyja, Aetra Air Tangerang), PLN, dan BPJS (BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan).
4. B2B Pertamina
Memungkinkan melakukan pemesanan dan pembayaran untuk transaksi pembelian produk Pertamina. Jangan lupa pastikan bahwa data sudah benar.
5. Account Sweeping
Disini Anda bisa mengatur dana rekening-rekening yang terdaftar pada KlikBCA Bisnis Anda secara otomatis. Berguna untuk menarik sejumlah dana serta memelihara saldo rekening tertentu.
6. Multi Transfer atau MTFS
Payroll
Untuk membayar gaji karyawan dengan tujuan rekening Bank BCA.
Payroll Contingency
Untuk melakukan transaksi pembayaran gaji dengan tujuan rekening Bank BCA dan efektif pada hari yang sama saat upload.
Auto Collection
Dapat melakukan transfer dari banyak rekening asal atau debet ke satu rekening tujuan atau kredit.
BCA Virtual Account
Melakukan multi transaksi dengan waktu singkat.
Registrasi Kartu (Fleet)
Memungkinkan diri untuk mengelola biaya operasional transportasi dengan menggunakan sarana kartu Flazz dan KlikBCA Bisnis.
Business Card
Anda dapat melakukan request, aktivasi, hapus hingga melakukan pengaturan kartu Business Debit Card.
Dan kartu tersebut memudahkan untuk pengelolaan aktivitas keuangan, seperti mengelola arus kas masuk dan keluar baik internal persuahaan maupun kepada value chain dari perusahaan yang berupa reward atau loyalti kepada mitra atau pelanggan.
Informasi Pinjaman
Layanan ini untuk pengguna fasilitas B2B KBB. Nasabah dapat melakukan inquiry plafon pinjaman, jadwal pembayaran pinjaman, dan aktivasi pinjaman.
B2B E-Commerce
Melakukan transfer dana transaksi dari B2B E-Commerce yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang telah bekerja sama dengan BCA.
E-Billing Pajak
Pelayanan untuk pembayaran pajak yang terdiri dari:
Daftar Data pajak
Untuk melakukan input data detail wajib pajak secara satuan sehingga bisa langsung mendapatkan kode billing dari sistem DJP.
Pembayaran E-Billing Pajak
Kemudahan untuk membayar pajak satuan pada KlikBca Bisnis.
Upload E-Billing Pajak
Melakukan pendaftaran pajak secara bulk dengan melakukan penguploadan di KlikBCA Bisnis
MFTS Realtime
Realtime Auto-collection yang memungkinan nasabah untuk mendebet banyak rekening pihak ketiga dan melakukan kredit.
Dan atau mengkreditkannya ke salah satu rekening nasabah dengan melakukan upload file yang prosesnya dilakukan secara realtime.
Multi Transaksi
Ada dua layanan untuk keuntungan ini yakni Multi Auto-Collection dimana nasabah dapat melakukan penagihan dana dari beberapa pihak.
Yang tertagih di bank lain untuk kemudian dikreditkan ke satu rekening penagih di BCA.
Lalu ada Multi Auto-Transfer dimana nasabah mendapatkan layanan transfer dari satu atau lebih rekening sumber dana.
Yang kemudian dikirimkan ke sejumlah rekening lainnya baik itu rekening BCA maupun rekening Bank lain di dalam negeri dengan melakukan upload file.
Pendaftaran KlikBCA Dan Prosesnya
Keuntungan yang banyak itu, mestinya Anda pasti tertarik? Dan memang berkeinginan dan tertarik. Berikut adalah proses pendaftaran untuk KlikBCA Bisnis.
Dan Anda diharapkan bisa mendatangi kantor BCA terdekat sambil membawa dokumen yang diperlukan.
Lalu kemudian Anda datang kepada staff customer service dan mengisi permohonan formulir pengajuan KlikBCA Bisnis.
Dan bisa untuk perusahaan maupun perorangan dengan tujuan bisnis proses. Setelah proses permohonan selesai dilakukan oleh calon nasabah, selanjutnya akan mendapatkan corporate ID, KeyBCA, KeyBCA, VPN Installer, PIN KeyBCA, dan manual penggunaan KlikBCA Bisnis.
Semuanya akan dikirimkan secara terpisah dan menjamin kerahasiaan serta keamanan saat bertransaksi di KlikBCA Bisnis.
Kesimpulan
Keuntungan yang banyak serta proses pendaftaran yang mudah tentunya membuat KlikBCA Bisnis semakin menarik.
Yang bila keuntungan itu ditawarkan juga akan menguntungkan Anda dan mempermudah Anda untuk mengelola keuangan bisnis Anda.
إرسال تعليق